Penyebab Bayi Spontan Menggigit Puting Ibu Saat Menyusui

Berita Unik – Setiap ibu ingin mendapatkan yang terbaik melalui ASI (ASI), tetapi tidak jarang ibu mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Misalnya, pada bulan-bulan pertama menyusui, ibu harus berjuang agar ASInya lancar dan berlimpah.

Kemudian masalah lain adalah si kecil yang sering tiba-tiba menggigit puting ibu, meskipun giginya belum tumbuh sepenuhnya atau bahkan belum tumbuh sama sekali. Ini bisa membuat puting lecet dan proses menyusui bisa terhambat.

Menanggapi hal ini, Dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC dari Rumah Sakit Permata Depok menjelaskan bahwa bayi sering menggigit puting ibu selama menyusui biasanya karena manipulasi puting menggunakan botol dot atau dot.

Baca Juga : Kehidupan Unik Miss Shunshine, Si Wanita Serba Kuning

Baca Juga : Ladyboy Di Thailand, Dianggap Kriminal Hingga Harus Wajib Militer

Ini jauh lebih sederhana dan tidak rumit, tetapi sebaiknya dihindari. Sebab, puting karet yang menyerupai puting memiliki cara kerja yang berbeda dengan puting ibu. Inilah yang akan membuat bayi bingung dengan mekanisme kerja puting susu ibu dan puting susu ibu, atau yang biasa disebut puting susu kebingungan.

“Kesulitan menghisap bisa dalam bentuk sering menggigit puting, mengisap sesekali, atau menolak menyusu yang kita kenal sebagai puting susu bingung. Jika bayi menggunakan dot / dot, maka harus segera dihentikan,” pungkas Dr. Asti kepada Unikkali.

Selain itu, menurut Dr. Asti, penyebab bayi menggigit putingnya adalah menyediakan makanan pendamping ASI (MPASI) yang kurang sesuai dengan usia mereka sehingga bayi tetap ingin menggigit payudara ibunya.

Penyebab lainnya adalah kelainan anatomi di mulut bayi. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga bayi ‘protes’ dengan menggigit. “Kami merekomendasikan agar ibu dan bayi mengunjungi klinik laktasi untuk evaluasi menyusui dan perawatan lebih lanjut,” kata Unikkali.com