Memilih Botol Minum Susu Bayi

Berita unik – Dalam 1000 hari pertama, ASI (ASI) merupakan komponen penting dalam kehidupan bayi. Kecukupan ASI saat ini dapat meminimalkan bayi pendek, masalah yang sekarang menjadi pusat perhatian pemerintah.

ASI yang berkualitas tentu membuat pertumbuhan dan perkembangan kualitas bayi. Namun, pada saat kelahiran ke-1000, tidak dapat dipungkiri bahwa mungkin ada beberapa ibu yang menggunakan botol sebagai wadah penyimpanan ASI. Terlepas dari alasan bahwa terlalu banyak susu diproduksi, beberapa wanita melakukan ini karena alasan sibuk.

Nah, jika Anda termasuk di antara ibu-ibu ini, maka menentukan botol ASI itu penting. Karena, dijelaskan Dr. Dokter Anak Dr. Margareta Komalasari, SpA, botol ASI jika tidak bersih, akan mempengaruhi kualitas ASI. Selain tidak bersih, botol-botol ini biasanya diperlakukan tidak steril dan ini menjadi masalah ketika item ini akan menjadi tempat penyimpanan ASI.

Baca juga: Seorang Ibu Melahirkan Dua Bayi Dalam Sebulan

“Untuk ibu yang memiliki masalah dalam memberikan ASI, botol dan dot adalah pilihan alternatif untuk mendukung pemberian ASI eksklusif untuk 1.000 hari pertama kelahiran. Nah, jika botol dan dot tidak steril dan tidak berkualitas baik, masalah yang akan timbul adalah kontaminasi bakteri untuk mengurangi ASI, “jelasnya kepada berita gosip baru-baru ini.

Dalam menentukan wadah penyimpanan ASI, Dr. Margareta menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya bentuk titik yang dipilih harus bertekstur lunak dan botol yang terbuat dari bahan berkualitas, halal bisa menjadi referensi lebih lanjut.

Halal adalah hal yang perlu diperhatikan, karena media atau alat yang bersertifikat halal tentu terjamin kualitasnya dan ini penting bagi umat Islam.

“Botol halal dapat dikatakan berkualitas baik dan bersih dari zat-zat berbahaya yang dapat memengaruhi kualitas ASI,” kata Dr. Margareta yang juga anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Anak Indonesia.

Dia menambahkan, selain memperhatikan tekstur dot, sang ibu juga harus memperhatikan bentuk dot sesuai dengan bentuk mulut bayi, untuk merangsang pertumbuhan rahang dan giginya. Untuk itu, lanjut Dr. Margareta, penting bagi orang tua untuk memeriksa label botol dan dot agar anak Anda dapat menerima kebaikan ASI secara maksimal.

Baca juga: Penyebab Bayi Spontan Menggigit Puting Ibu Saat Menyusui

Dokter Margareta mencoba menyarankan, untuk pemilihan dot bayi, Anda bisa dot ortodontik yang menyerupai puting susu ibu saat menyusui, sehingga bayi akan nyaman menggunakannya. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Direktur Unit Bisnis Baby Huki, Franciska Puspa Julia, dot yang mirip dengan puting ibu biasanya mengikuti mulut si kecil.

“Ini dapat mendukung dan merangsang pertumbuhan rahang dan gusi bayi dan ini mempengaruhi pertumbuhan gigi di kemudian hari. Selain itu, titik menghadap ke atas mencegah aliran ASI keluar jika bayi tidak menyusu dan ini meminimalkan bayi tersedak, “katanya.

Sekarang Anda dapat mempertimbangkan cara menyimpan ASI dengan benar untuk pertumbuhan bayi Anda.