Lila Anjing Pintar Yang Bisa Menyelam

Berita unik – Sebagai manusia kita seharusnya dapat melestarikan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Sampah plastik memang tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Sifat plastik yang sulit terurai hingga puluhan tahun lamanya berpotensi untuk meracuni kehidupan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Beda dengan Lila anjing pintar yang bisa menyelam untuk mengambil botol plastik.

Belum lama ini seorang pria yang peduli terhadap lingkungan dengan ikhlas menjaga kebersihan dengan memungut sampah plastik yang bertebaran di laut.

Pria tersebut bernama Alex Schulze. Namun, ia bekerja tidak seorang diri, melainkan dibantu oleh seekor anjing pintar bernama Lila. Setiap hari mereka mengumpulkan sampah berupa botol plastik di pinggir pantai.

Mereka pun tak segan untuk menaiki perahu untuk memungut sampah yang berserakan di tengah laut. Berbeda dengan anjing pada umumnya, Lila dengan gagah berani terjun ke dalam laut untuk mengambil botol plastik.

Bahkan anjing berjenis Labrador Retriever ini mampu menyelam untuk mengambil sampah plastik yang tenggelam di dasar laut. Dalam sebuah video berdurasi dua menit, terlihat Alex menunjukkan beberapa spot dimana terdapat sampah yang hanyut.

Setelah mendapatkan instruksi dari tuannya, Lila langsung terjun ke dalam air dan mengumpulkan sampah botol plastik. Kemampuan Lila ini pertama kali diketahui ketika Alex melihatnya terjun ke dalam laut untuk menangkap lobster.

Baca juga: Seorang Pria Berenang di Danau Penuh Buaya dan Kuda Nil

Melihat bakat yang sangat langka ini, Alex akhirnya mulai untuk melatih Lila untuk mengambil sampah. Awalnya Lila berlatih menyelam untuk mengambil mainan dengan cara meloncat dari atas kapal dengan cepat dan berlatih menahan napas.

Hingga pada akhirnya Lila berhasil mempelajari kemampuan itu dengan baik dan mampu membantu Alex untuk membersihkan pantai. Lila pun lama kelamaan semakin mencintai pekerjaannya dengan menyelam untuk mengambil botol. Hingga akhirnya ia tergabung dalam tim ‘4ocean’.

Limbah dari botol plastik yang diambil oleh Alex dan Lila diolah menjadi gelang oleh kelompok 4ocean. Setiap gelang yang terjual akan mengurangi beberapa pon sampah plastik yang berserakan di lautan.

Pada 2018 lalu, 4ocean berhasil mengangkat jutaan sampah secara total dan Alex beserta Lila menjadi bagian yang berkontribusi dalam hal tersebut. Mereka menyelam setiap hari untuk menjaga kelestarian lingkungan.