Juventus 1-2 Ajax Amsterdam, Ajax Pupuskan Mimpi Juventus

Berita Unik – Bermain di markas Juventus tidak membuat Ajax Amsterdam bergetar. Sebaliknya, skuad besutan Erik ten Hag berhasil menang 2-1 dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4).

Juventus unggul terlebih dahulu berkat tandukan Cristiano Ronaldo pada menit ke-28. Namun Ajax tidak menyerah, dan berhasil membalikkan posisi melalui aksi Van de Beek pada menit ke-34 juga Matthijs De Ligt di babak kedua.

Dengan kemenangan ini, maka Ajax dipastikan lolos ke semifinal dan membuat Juventus pulang lamban. Lawan tim Belanda sendiri baru dikenal setelah duel antara Tottenham dan Manchester City pada Kamis (18/4) besok.

Babak Pertama

Menit kelima, Andre Onana nyaris melakukan kesalahan fatal yang bisa mengarah ke gawang Juventus. Kiper Ajax mencoba membuang bola dari backpass, yang kemudian dibersihkan oleh Cristiano Ronaldo. Untungnya, bola tidak masuk gawang.

Pada menit ke-21, Ajax nyaris mencetak gol. Dimulai dari pertandingan David Neres, bola berakhir di Van de Beek, tidak jauh dari gawang Juventus. Sayang, tendangannya masih melambung di atas gawang.

Menit 28, Juventus akhirnya berhasil mengubah posisi. Adalah Cristiano Ronaldo yang kembali menjadi momok pertahanan Ajax dengan gol melalui sundulan. Pemain Portugal itu membidik sudut bawah gawang Onana yang tidak mampu menjangkau bola. 1-0.

Seperti De Javu, Ajax kemudian berhasil membalas enam menit berikutnya. Hakim Ziyech, dari luar kotak penalti, berusaha melepaskan spekulasi. Bola itu tentang Van de Beek yang kemudian mengubah arah untuk menipu Wojciech Szczesny. 1-1.

Menjelang akhir babak pertama, Cristiano Ronaldo menebar ancaman dengan tendangan bebasnya. Tetapi sekali lagi, upaya hanya tentang pagar betis dan membuat bola keluar dari lapangan.

Babak kedua

Di babak kedua, Massimiliano Allegri menambah kekuatannya dengan memasukkan Moise Kean untuk menggantikan Paulo Dybala. Kontribusi striker Argentina itu memang terlihat minim dalam pertandingan ini.

Ajax lebih dominan dan berulang kali meluncurkan serangan ke gawang Juventus. Pada menit ke-57, tendangan melengkung Van de Beek dari luar kotak penalti berhasil membuat Szczesny sibuk melakukan penyelamatan brilian.

Tujuan! Ajax berhasil mengambil alih keuntungan! Tendangan sudut dari Lasse Schone mengarah tepat ke kepala Matthijs De Ligt. Dua pendamping dari Alex Sandro dan Daniele Rugani tidak mampu menahan lompatannya yang tinggi. Akibatnya, bola dari tandukannya bersarang ke gawang Juventus. 2-1.

Dalam situasi tertinggal, Juventus tampaknya tidak berusaha untuk mencetak gol balasan. Bahkan, mereka lebih sering berada di wilayah mereka sendiri sambil menunggu serangan Ajax. Pada menit ke-79, kiper Juventus itu terjatuh lagi berkat tendangan melengkung David Neres. Sayangnya itu dibatalkan karena pemain Ajax berada dalam posisi offside.

Baca Info Lainnya : Zidane Zidane sangat kecewa dan Keluhkan Mental Madrid

Baca Info Lainnya : SIR ALEX FERGUSON: LIVERPOOL AKAN JUARAI PREMIER LEAGUE MUSIM INI

Hingga wasit meniup peluit panjang di akhir pertandingan, Juventus gagal mencetak gol penyama kedudukan. Ajax dipastikan lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2 atas Bianconeri.

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio (Joao Cancelo 64′), Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi (Rodrigo Bentancur 80′), Paulo Dybala (Moise Kean 46′), Cristiano Ronaldo

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Noussair Mazraoui (Daley Sinkgraven 11′ (Lisandro Magallan 82′)); Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech (Klaas-Jan Huntelarr 88′), Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic